-->

Baterai Android Panas dan Cepat Habis, Ini Solusinya!

Baterai merupakan salah satu komponen smartphone yang kerap dikeluhkan oleh para pengguna. Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan adalah baterai panas dan borosnya konsumsi baterai.

Banyak smartphone android keluaran terbaru dibekali dengan baterai berkapasitas besar, tapi hal itu tidak menghentikan keluhan para pengguna karena kapasitas baterai sendiri sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai smartphone android panas dan cepat habis. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa penyebab baterai panas dan cepat habis beserta bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut :

1. Layar Smartphone
Ukuran layar smartphone yang cukup besar akan membutuhkan energi yang lumayan besar juga, sehingga hal ini bisa menyebabkan baterai android panas dan cepat habis.
Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan layar redup karena bila kecerahan layar diatur seminimal mungkin maka penggunaan energi akan dapat lebih hemat. Selain itu kamu juga bisa mengatur agar layar smartphone mati sebelum 1 menit apabila tidak di operasikan.

2. Sering Menggunakan Kamera
Kamera membutuhkan daya besar untuk menangkap gambar atau merekam video. Semakin sering kamu menggunakan kamera smartphone maka baterai akan lebih cepat panas dan juga cepat habis. 
Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan tidak menggunakan lampu flash saat mengambil foto dan video, Selain itu juga bisa dengan cara meminimalkan penggunaan fitur HDR.

3. Konektifitas
Sekarang ini sudah hampir semua kalangan menggunakan fasilitas internet, baik itu untuk mencari bahan tugas kulia, tugas kantor atau bahkan hanya sekedar untuk bermain game. Selain itu kebanyakan aplikasi sekarang ini harus menggunakan koneksi internet untuk bisa menjalankannya. Dengan demikian berbagai aplikasi yang digunakan tersebut akan terus menerus mengirim dan menerima data.
Solusi untuk mengatasi hal tersebut antara lain dengan cara matikan koneksi internet jika sudah tidak digunakan, matikan GPS jika tidak diperlukan, matikan wifi jika anda sudah tidak membutuhkannya lagi dan lain-lain.

4. Widget Pada Home Screen
Menggunakan widget memang akan membuat tampilan smartphone kamu lebih keren dan menyenangkan, sayangnya menempatkan terlalu banyak widget di home screen dapat membuat kinerja smartphone jadi lambat dan baterai panas serta cepat habis. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan widget seminimal mungkin, hanya pasang widget yang benar-benar diperlukan saja.

5. Bermain Game
Bermain game memang menyenangkan dan dapat mengisi waktu luang, tapi terkadang karena saking asiknya main game bisa sampai lupa waktu. Bahkan tidak jarang sebagian orang main game sambil ngecas samrphone. Tahukan kamu kalau bermain game di smartphone itu akan membuat baterai panas dan cepat habis, terlebih lagi jika game yang kamu mainkan adalah game 3D yang besar dan berat. Oleh karena itu disarankan agar bermain game seperlunya saja, jangan sampai full. Ketika smartphone kamu mulai panas maka itulah saatnya kamu mengistirahatkan smartphone.

6. Aplikasi Tidak Diperbaharui
Aplikasi yang kamu gunakan setiap hari akan menerima bug report dari ribuan pengguna, tujuannya untuk memperbaiki aplikasi tersebut dan untuk mengatasi masalah lain yang akan membuat kinerja andorid kamu agar tidak terlalu berat. Hal tersebut akan berdampak pada energi yang harus dikeluarkan baterai untuk aplikasi tersebut. Cara untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan membuka aplikasi google play store lalu tap menu, kemudian tap my app.

7. Matikan Aplikasi yang berjalan Di Background
Ada begitu banyak aplikasi yang berjalan di background, untuk itu matikan atau disable aplikasi tersebut yang sekiranya jarang kamu gunakan. Caranya yakni dengan tap setting, app, running service lalu pilih aplikasi mana yang hanya mengambil daya baterai tetapi jarang atau tidak kamu gunakan.

8. Pengaturan Sync
Banyaknya aplikasi chat, email dan cloud storage yang disinkronisasi secara otomatis akan membuat baterai android panas dan cepat habis. Dari mulai facebook, Line, BBm Skype, Whatsapp dan juga aplikasi yang mengambil lokasi GPS dari tempat saat ini kamu berada. Pilih lalu atur sync terhadap aplikasi yang memang kamu aktif menggunakannya dengan cara tap Setting, Account and sync lalu centang pengaturan agar tidak otomatis.

Nah itulah beberapa cara mengatasi baterai android panas dan cepat habis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih kepada semua sumber yang menjadi referansi dalam penulisan artikel ini.



Labels: Tips

Thanks for reading Baterai Android Panas dan Cepat Habis, Ini Solusinya!. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Baterai Android Panas dan Cepat Habis, Ini Solusinya!"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih