-->

Ciri Utama template Blog Yang Baik dan Dapat Anda Jadikan Sebagai Pilihan


Ada banyak sekali template blog yang bisa anda pilih dan siap digunakan pada blog anda, baik itu yang gratisan maupun yang berbayar. Sebelum menentukan  template mana yang dipilih sebaiknya anda harus mengetahui kualitas dari template tersebut.

Dari sekian banayk template yang bisa anda pilih baik itu yang gratisan maupun yang berbayar kemungkinan besar pasti ada template yang kurang memperhatikan kualitasnya dan ketika digunakan tentu akan berdampak pada optimasi blog yang kurang optimal.

Untuk memilih template blog yang baik dan benar setidaknya anda harus tau seperti apa ciri template  yang baik itu. Jika anda mengetahui dan memahami template mana yang berkualitas dan baik untuk digunakan maka otomatis template tersebut nantinya akan dapat meningkatkan SEO blog dan menyokong artikel blog yang disajikan sehingga ramah mesin pencari dan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

Berikut ini adalah ciri utama template blog yang baik untuk digunakan pada blog anda berdasarkan referensi dari berbagai sumber :

1. Ringan
Ciri template blog yang baik yang pertama adalah harus ringan, karena ringannya loading halaman situs dapat memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan ranking hasil pencarian pada mesin pencari. Selain itu dengan ringannya loading halaman situs akan membuat pengunjung merasa nyaman saat membuka blog kita, sebaliknya jika loading halaman situs lelet maka pengunjung akan meninggalkan blog tersebut.
Untuk bisa mengetahui bahwa template tersebut ringan, anda bisa menggunakan beberapa tool yang dapat mengecek ringan tidaknya template tersebut antara lain google pagespeed insigh, GTMetrik dan lain-lain

2. Mendukung SEO Friendly
Template SEO friendly adalah template yang ramah terhadap mesin pencari. Pastikan Meta Tags templatenya sudah SEO friendly karena meta tags ini merupakan identits sekaligus tanda pengenal blog anda kepada mesin pencari dan user.
Tool yang bisa digunakan untuk mengetahui bahwa template yang anda gunakan sudah SEO friendly atau belum salah satunya adalah chkme. Nilai SEO tool menggunakan chkme sangat dipengaruhi oleh postingan anda terutama gambar. Pastikan untukmenggunakan gambar yang sudah di kompres sehingga ukurannya lebih kecil, selain itu juga perlu menambahkan atribut title dan alt tag agar score versi chkme tidak turun.

3. Responsive
Template responsive adalah template yang tampilan halamannya akan selalu menyesuaikan dengan kuran layar yang menggunakannya. Jika dilihat di layar smartphone maka tampilan akan menyesuaikan dan jika dilihat di monitor computer tampilan juga akan menyesuaikan.  Maksud dari tampilan halaman selalu menyesuaikan disini adalah ketika halaman dibuka baik itu dengan menggunakan smartphone ataupun monitor komputer maka teks yang ditampilkan akan bisa dibaca dengan baik oleh pengguna atau pengunjung tanpa harus melakukan scrolling layar ke kiri dan ke kanan.
Kita bisa mengetahui atau mengecek apakah template blog responsive atau tidak dengan menggunakan tool khusus seperti responsinator.

4. Mobile Friendly
Yang dimaksud template mobile friendly adalah template yang tetap ringan meskipun diakses meggunakan perangkat mobile dan tampilan layar dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.
Untuk bisa mengetahui atau mengecek apakah template yang anda gunakan sudah mobile friendly atau belum, anda bisa menggunakan tool buata google yang bisa anda akses di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

5. Navigasi dan Internal Link
Pastikan template anda sudah menyediakan tautan internal seperti Related Post (tulisan Terkaiit) serta New Post dan Older Post dibawah setiap artikel yang anda posting.

6. Memiliki Struktur Data
Struktur data schema markup adalah kode khusus yang disisipkan pada kode html template blog, dengan tujuan agar mesin pencari lebih mudah memahami kandungan setiap teks yang ada dihalaman blog. Pastikan data template blog anda tersusun dengan baik dan dikenali oleh google.
Blog yang memiliki struktur data yang baik adalah blog yang bukan hanya struktur data schema markupnya tidak error atau tidak salah tetapi blog tersebut harus mampu menggunakan schema markup yang tepat untuk jenis blognya.
Untuk melihat apakah struktur schema markuppada template blog sudah baik atau belum, anda bisa menggunakan tool yang disediakan oleh google yaitu Google structured Data Testing Tool dan kemudian perbaiki jika ada ditemukan warning/error.

7. Dynamic Heading H1 Tags
Heading Tags H1 Dinamis adalah judul-judul posting dihalaman depan atau home menggunakan tags H2/H3, namun dihalaman dalam menjadi H1 begitu diklik single post. Sebaliknya untuk judul/nama blog menggunakan tags H1 di home, namun berubah menjadi H2/H3 dihalaman dalam karena H1 tags sudah dipakai oleh judul postingan.

8. Di kolom komentar bersifat no follow

 
9.Breadcrumbs disisipkan 
karena membantu pengunjung untuk mengenali dan bisa membantu robot mengetahui kelengkapan struktur blog.

Nah itulah beberapa ciri template blog yang baik yang bisa anda pilih untuk diterapkan pada blog anda. Dalam artikel ini tidak ada maksud untuk menggurui tapi hanya sekedar berbagi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahun kita semua.
Terima kasih banyak kepada semua sumber yang menjadi referensi dan inspirasi dalam pembuatan artikel ini.

Labels: Info Menarik

Thanks for reading Ciri Utama template Blog Yang Baik dan Dapat Anda Jadikan Sebagai Pilihan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri Utama template Blog Yang Baik dan Dapat Anda Jadikan Sebagai Pilihan"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih