-->

Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Yang Buram Agar Hasil Gambar Lebih Jernih


 
Mempunyai smartphone dengan kamera yang bagus merupakan suatu hal yang penting untuk mendapatkan hasil gambar yang jernih tanpa buram agar setiap momen yang diabadikan lewat kamera dapat terlihat dapat dengan jelas. Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini kualitas kamera terus ditingkatkan oleh perusahaan pengembang.Kualitas kamera sekarang ini ada yang resolusi 5 MP bahkan sampai ada yang 20 MP.

Saat ini kebanyakan kamera smartphone memiliki kualitas yang cukup tinggi sekitar 8 hingga 20 megapixel sehingga gambar yang dihasilkan tidak kalah dengan hasil kamera SLR.  Namun seiring berjalannya waktu, tiba-tiba gambar yang dihasilkan semakin berkurang kualitasnya atau buram.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara agar hasil jepretan yang blur bisa kembali jernis. Bagaimana caranya? Simak Penjelasannya berikut ini :

1. Bersihkan Debu Pada Lensa
Masalah ini biasanya timbul pada smartphone yang telah lama digunakan karena selalu dibawa kemana-mana sehingga banyak debu yang menumpuk dan menutupi lensa kamera.
Cara membersihkannya yakni buka casing belakang smartphone kamu, lalu bersihkan dengan menggunakan tisu yang sudah dibasahi dengan minyak kayu putih atau pembersih layar. Usap secara perlahan hingga tutup kamera bersih, kalau perlu bersihkan juga casing belakang smartphone kamu agar debu yang menempel di casing juga hilang.

2. Tutup Lensa Tergores atau Baret 
Kebiasaan meletakkan smartphone disembarang tempat dapat mengakibatkan lensa kamera tergores, apalagi kalau smartphone kamu tidak dilindungi dengan casing tambahan.
Cara membersihkannya :
  • Oleskan pasta gigi (pasta gigi warna putih) pada permukaan penutup lensa untuk menutupi goresan lembut yang ada pada tutup tersebut. Kemudian ratakan dengan tisu. Dengan begitu maka goresannya akan menjadi semakin halus bahkan tidak terlihat.
  • Gunakan Autosol cukup dengan oleskan sedikit autosol pada lensa kamera smartphone kamu dan tunggu hingga kering kemudian bersihkan menggunakan kain halus dengan sedikit ditekan agar lapisan pelindung UV terkelupas dan lensa kembali jernih
3. Lensa Berembun
Kondisi smartphone yang sudah panas dan hawa panas tersebut akan menguap menjadi embun dan menutupi lensa kamera. Selain itu lensa kamera berembun juga bisa disebabkan karena kamu berada pada daerah dataran tinggi yang memiliki kelembaban yang cukup tinggi sehingga akan muncul embun di lensa kamera kamu.
Cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan mengeringkan lensa kamera menggunakan Hair Dryer. Usahakan sebelum dikeringkan dengan hair dryer, smartphone kamu dalam keadaan mati dan jangan mengeringkan dengan jarak yang terlalu dekat karena bisa berdampak pada komponen lain yang rentan terhadap suhu panas. 

Selain cara diatas kamu juga bisa menggunakan software untuk membuat hasil jepretan menjadi lebih jernih. Simak caranyaberikut ini :

1. Download Aplikasi Smartdeblur
Software ini ringan dan sangat mudah dalam penggunaannya, dan yang terpenting adalah software ini dapat kamu download gratis.

2. Jalankan Software
Setelah berhasil di download sekarang coba kamu buka dan jalankan dengan mengarahkan cursor ke software tersebut dan klik open. Setelah itu kamu bisa pilih foto blur yang ingin diperbaiki agar lebih jernih.

3. Lakukan Pengaturan
Kamu bisa mensetting tingkat ketajaman dan kejernihan dari dari foto tersebut dengan menyettingnya dibagian "Radius" untuk foto level normal namun jika foto yang ingin diperbaiki tersebut terlalu parah maka kamu bisa sesuaikan dengan setting lainnya.

Nah itulah sedikit info mengenai cara memperbaiki kamera smartphone yang buram agar hasil gambar lebih jernih. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.
 


Labels: Tips

Thanks for reading Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Yang Buram Agar Hasil Gambar Lebih Jernih . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Yang Buram Agar Hasil Gambar Lebih Jernih "

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih