-->

15 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping

Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka dimana tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak alami yang penting untuk kulit yang terkadang bisa terhidrasi serta bertekstur halus atau memberikan oksigen agar kulit bisa bernafas.


Pori-pori bertugas melakukan beberapa fungsi dan bertanggung jawab untuk menghilangkan racun dari tubuh. Biasanya orang-orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih terbuka daripada orang-orang yang memiliki kulit kering. Penyebab dari pori-pori yang terbuka lebar antara lain karena stres, gen, penuaan, pengaplikasian pelembab yang berlebihan termasuk make-up serta penggunaan produk kulit inferior.

Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar tentu akan membuat kepercayaan diri seseorang menurun apalagi jika hal tersebut terjadi pada perempuan. Jika dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang lebih menjaga penampilan wajah maupun tubuh. Kebanyakan perempuan akan mempercantik dirinya dengan menggunakan make-up, Nah ternyata hal tersebut dapat membuat pori-pori kulit terlihat lebih besar karena make-up menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel.

Ada banyak produk pasaran yang menawarkan solusi untuk masalah ini, namun hasilnya tidak selalu sesuai harapan bahkan terkadang malah akan merusak kulit wajahmu. Berikut ini cara cepat mengecilkan pori-pori wajah secara alami tanpa efek samping dan permanen :

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami


1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit matiinilah jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

2. Timun

Timun adalah astringent alami yang dapat membantu menutup pori-pori, sekaligus meningkatkan tekstur kulit anda dan membuatnya kelihatan segar. Caranya cukup mudah yakni dengan memarut timun segar dan ambil airnya. Kemudian celupkan kapas kedalam air tersebut dan oleskan kapas tersebut pada wajah anda, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit sebelum membersihkannya  dengan air dingin.

3. Es Batu

Untuk mengecilkan pori-pori wajah anda dapat menggunakan es batu untuk membuka pori-pori yang akan merangsang sirkulasi darah dan memberikan kulit yang lebih sehat. Caranya cukup mudah yakni dengan menggosokkan es batu 2 kali dalam sehari selama 10-15 detik. Dengan begitu dapat membantu mengencangkan pori-pori wajah.

4. Lidah buaya

Untuk membantu kulit agar tetap terhidrasi dan menutupi pori-pori wajah anda dapat menggunakan lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya segar ke wajah dan diamkan semalaman, kumudian bilas dengan air hangat pada pagi hari. Dengan mengoleskan lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit wajah.

5. Lemon

Dalam lemon terkandung vitamin C, asam alpha hidroksi dan juga kaya akan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Caranya yakni dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan membiarkannya selama kurang lebih 15 menit.

6. Minyak Zaitun

komponen fenolik pada minyak zaitun mengandung antioksidan serta antiinflamasi, dimana keduanya dapat menjaga kesehatan kulit dan menyingkirkan berbagai macam masalah yang menyertai kulit seperti kulit kering, gatal-gatal, hingga pori-pori yang nampak membesar. Caranya yakni cukup dengan pijatkan pada wajah dengan gerakan memutar selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

7. Madu

Madu sangat bagus untuk kulit karena memiliki sifat obat penyembuhan anti bakteri. Didalam madu terdapat kalium yang tinggi yang mampu membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori. Caranya yakni dengan mengoleskan madu pada wajah yang pori-porinya kelihatan besar kemudian diamkan selama beberapa menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Jeruk

Jeruk yang biasanya dimakan dagingnya ternyata juga dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya yakni dengan peras air jeruk lalu oleskan pada wajah kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin maka pori-pori akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

9. Tomat

Kandungan zat asam pada tomat dapat menyeimbangkan minyak alami pada kulit dan mengencangkan pori-pori wajah. Cara cukup mudah yakni dengan mengambil isi tomat dan campurkan dengan madu, kemudian oleskan campuran ini pada wajah seperti menggunakan masker. Biarkan mengering selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino dan enzim lain yang dapat meremajakan kulit dan mengecilan pori-pori. Caranya yakni dengan mengoleskan putih telur diseluruh wajah kemudian tutupi dengan tisu, saat dirasa sudah kering lalu lepaskan tisu pada wajah, kemudian bilas dengan air bersih.

11. Kulit Jeruk

kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C daripada buahnya sehingga dapat digunakan sebagai masker untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering lalu tumbuh hingga halus. Lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta dan oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu cuci dengan air bersih.

12. Cuka Apel

Cuka apel berfungsi sebagai astringent alami sekaligus toner bagi kulit wajah sehingga dapat mengencangkan kulit, menutup pori-pori dan mengembalikan keseimbangan PH. Caranya adalah dengan mencampur air dan cuka apel, lalu celupkan kapas pada larutan tersebut dan oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

13. Uap

Menggunakan uap hasil perebusan atau pemasakan air bisa menjadi cara paling efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya adalah dengan langsung memposisikan wajah diatas uap air dengan jarak sekitar 20cm. Rasakan kehangatan uap tersebut hingga wajah anda sedikit berkeringat.

14. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E  sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih. Dengan pepaya dapat membantu menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah serta mengecilkan pori-pori wajah.

15. Pisang

Untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah anda dapat menggunakan kulit pisang. Dalam kulit pisang mengandung antioksidan dan mineral potasium yang dapat menyembuhkan serta meremajakan kulit. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian cuci wajah dengan air bersih.

Nah itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Info Sehat

Thanks for reading 15 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "15 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih