-->

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teh adalah minuman yang dihasilkan dari olahan daun tanaman teh (Camelia sinensin). Biasanya daun yang diolah menjadi teh adalah daun pucuk dan daun yang masih muda. Saat ini teh tidak hanya sebutan untuk minuman yang dibuat dari hasil pengolahan daun teh saja. Jenis minuman yang dihasilkan dari daun, kulit, akar, dan bunga tumbuhan lain selain tanaman teh juga disebut dengan istilah teh. Contohnya seperti teh melati, teh bunga rosella, teh bunga kristant dan lain-lain.


Teh dari daun teh mempunyai senyawa antioksidan yang disebut katekin, selain itu teh dari daun teh juga mengandung senyawa kafein yang biasanya terdapat pada buah kopi. Selain dua senyawa diatas, teh dari daun teh juga mengandung senyawa penting lainnya seperti asam amino dan senyawa polifenol. Senyawa-senyawa inilah yang akan mempengaruhi kualitas warna, rasa dan aroma dari teh.


Macam-macam Teh

1. Teh Hijau (green tea)

Teh ini diolah tanpa proses fermentasi karena aktivitas enzim sengaja dihentikan dengan panas. Teh hijau memiliki kandungan zat tanin yang cukup tinggi.

2. Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh yang proses fermentasinya berjalan secara tidak sempurna sehingga masih mengandung sedikit tanin dan beberapa senyawa lainnya. Teh oolong adalah perpaduan antara teh hijau dengan teh hitam.

3. Teh Hitam (black Tea)

Teh hitam adalah teh yang proses fermentasinya berlangsung secara sempurna sehingga hampir semua kandungan tanin terfermentasi menjadi theaflavin dan thearubigin.

4. Teh Putih

Teh jenis ini dibuat hanya dari bagian pucuk teh yang terlindung dari sinar matahari sehingga tidak terjadi pembentukan klorofil. Teh putih merupakan jenis teh yang paling banyak mengandung antioksidan.

Teh merupakan minuman favorit yang biasa disuguhkan saat ada jamuan makan atau sekedar menjadi suguhan saat duduk santai diteras rumah sambil menikmati pemandangan. Contohnya seperti yang saat ini sedang saya lakukan yakni duduk diteras rumah melihat pemandangan nan indah sambil nulis artikel ditemani dengan secangkir teh hangat. wee...hh seger rasanya pikiran jadi plong.



Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Dibalik kesederhanaan secangkir teh ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan bahkan beberapa khasiatnya juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

1. Mencegah Kanker

Kandungan polifenol dan antioksidan pada teh dapat membantu mencegah kanker. Dengan rajin minum teh tiap pagi maka akan dapat membantu kita terhindar dari penyakit kanker.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan polifenol katekin yang cukup tinggi pada teh hijau (green tea) dipercaya dapat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Dengan begitu maka lemak dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

3. Menghilangkan Ngantuk

Sama halnya dengan kopi, kandungan kafein yang terdapat pada teh dipercaya dapat menghilangkan kantuk.

4. Mencegah Diabetes

Selain menghilangkan rasa kantuk, penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada teh juga dapat membantu mengurangi resiko terkena diabetes.

5. Mengobati Sakit Kepala

Kandungan kafein pada teh dapat memberikan rasa relaks sehingga membantu dalam proses penyembuhan sakit kepala.

6. Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi teh setiap pagi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

7. Menyehatkan Mata

Pada teh terdapat kandungan vitamin A. Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

8. Merawat Gigi

Kandung fluoride dan tennis pada teh ternyata sangat baik untuk mengurangi pembentukan karang gigi, sehingga gigi tetap sehat dan terhindar dari penyakit gigi dan juga gusi.

9. Membantu Program Diet

Kandungan nutrisi dalam teh dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi kamu yang sedang dalam masa program diet. Selain itu kandungan kalori yang sedikit pada teh juga dapat membantu program diet kamu lancar.

10. Membuat Awet Muda

Sebuah penelitian oleh Medical College of Georgia menyatakan bahwa teh hijau dapat membantu meremajakan kulit dengan cara mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, serta menganangkat sel kulit mati.

11. Mengatasi Jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau berperan sebagai antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan katekin pada teh hijau juga dapat membantu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.



Manfaat Ampas Teh

Bagi kamu yang suka minum teh, terutama teh celup sebaiknya mulai sekarang jangan buang dulu ampas teh celup anda karena ternyata ampas tersebut masih bisa dimanfaatkan lho...

1. Sebagai Toner

Ampas teh dapat membantu membersihkan kotoran yang tersumbat, mengecilkan pori-pori, dan juga dapat membantu menjaga kulit dari dehidrasi.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Ampas teh hijau dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang diakibatkan oleh rambut rontok dan juga mencegah ketombe serta kulit kepala kering.

3. Penyegar Udara

Kamu dapat memanfaatkan ampas teh celup sebagai penyegar udara. Caranya cukup menambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma favorit kamu ke kantong teh lalu gantung di posisi yang kamu inginkan.

4. Merawat Tanaman

Cara merawat tanaman dengan ampas teh yakni cukup tuangkan ketanah, dengan demikian maka tanah akan menjadi subur.

5. Menghilangkan Bau di Karpet

Caranya yakni Basahi kantong teh dengan air hangat lalu keluarkan isinya dan gosok pada permukaan karpet.Diamkan hingga kering lalu bersihkan.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai teh. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.


Labels: Ragam Manfaat

Thanks for reading Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih