-->

Pengantin Baru Wajib Tau! 6 Cara Mudah Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita

Impian bagi banyak pasangan yang menikah adalah segera memiliki momongan. Namun tahukah anda bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam memiliki momongan adalah dengan melakukan hubungan saat masa subur wanita.

Telur dikeluarkan wanita hanya sekali dalam satu periode siklus menstruasi, yang disebut dengan ovulasi. Kemungkinan sel sperma bertemu dengan sel telur sangat kecil jika hubungan seksual dilakukan diluar masa ovulasi.

Untuk mengetahui masa subur wanita bisa dilakukan dengan berpatokan pada sistem kalender, Selain itu juga bisa dengan melihat ciri-ciri yang dapat dirasakan jika wanita yang sedang dalam masa subur. Berikut ini beberapa ciri yang dapat dilihat dan dirasakan oleh wanita yang sedang dalam masa subur :

Ciri Masa Subur

1. Adanya Lendir Serviks

Pada setiap siklus, cairan serviks wanita akan melewati pola perubahan dibawah pengaruh hormon. Dimasa puncak kesuburan, lendir serviks ini akan menyerupai putih telur mentah yang jika diregangkan dengan jari telunjuk dan jempol akan melebar hingga lebih dari satu inci, warnanya bening, licin, elastis dan tidak berbau.

2. Siklus Haid

Wanita pada umumnya akan mengalami siklus haid sekitar 23-25 hari. Masa ovulasi akan terjadi sekitar 14 hari sebelum siklus haid berikutnya. Jadi jika anda memiliki siklus haid 30 hari, maka masa  ovulasi adalah pada hari ke 16 dari siklus haid anda, ditambah dan dikurangi tiga hari. Pada masa inilah waktu yang tepat untuk sel sperma membuahi sel telur.

3. Terasa Basah di Miss V

Ketika sedang berada pada masa ovulasi, lendir serviks wanita tidak hanya menjadi lebih jernih, cair dan elastis, tetapi volumenya juga akan semakin melimpah. Meningkatnya lendir serviks ini akan membuat vagina terasa basah.

4. Suhu Tubuh

Pada masa subur atau ovulasi, suhu tubuh akan semakin meningkat sekitar 10C. Suhu tubuh dapat diukur pada pagi hari segera setelah bangun tidur sebelum melakukan aktifitas. Dengan mengukur dan mencatat perubahan suhu tubuh maka akan dapat diketahui apakah sedang dalam masa subur atau tidak.

5. Meningkatnya Hasrat Bercinta

Ada beberapa riset yang dilakukan untuk mencari keterkaitan antara dorongan seksual wanita terhadap ovulasi. Tingkat LH wanita (hormon kunci yang melonjak sesaat sebelum ovulasi) dan saat wanita melakukan hubungan intim. Dari riset tersebut diketahui bahwa wanita lebih cenderung melakukan hubungan intim pada saat hormon LH mereka sedang melonjak. Dengan meningkatnya gairah seksual pada wanita merupakan pertanda bahwa wanita itu sedang dalam masa subur atau ovulasi.

6. Perut Terasa Kembung

Pada masa subur kemungkinan anda akan mengalami perut terasa kembung. Hal ini wajar karena meningkatnya retensi air karena meningkatnya kadar hormon estrogen. Hal ini bisa jadi merupakan pertanda anda sedang mendekati masa subur atau ovulasi dan siap untuk dibuahi.

Nah itulah beberapa cara untuk mengetahui masa subur pada wanita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Info Sehat

Thanks for reading Pengantin Baru Wajib Tau! 6 Cara Mudah Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Pengantin Baru Wajib Tau! 6 Cara Mudah Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih