-->

Jenis Error pada Printer Cannon yang Sering Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar atau grafik diatas kertas. Printer merupakan perangkat tambahan eksternal yang dihubungkan atau terhubung dengan laptop atau komputer melalui kabel dan juga nirkabel untuk menerima data dan kemudian mencetaknya di kertas.


Sekarang ini sudah banyak bermunculan printer yang menghadirkan atau menawarkan fungsi yang multi guna, diantaranya printer, scanner, fax, fotocopy dan berbagai fungsi lainnya. Dengan adanya printer ini pastinya kita merasa sangat terbantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen. Meskipun demikian bagi kamu yang kesehariannya selalu berhubungan dengan printer pastinya pernah mengalami yang namanya printer error. Nah berikut ini beberapa error yang sering dialami pada printer cannon.

Jenis Error pada Printer Cannon 

1. Printer is Out of Page ( Error E02 )

Error ini bisanya sangat mudah diatasi karena penyebab masalahnya adalah kertas yang ada pada printer telah habis. Kalau pun kertas masih ada namun muncul error ini maka kamu bisa coba untuk mengambil semua kertas yang ada pada printer kemudian masukkan kembali, karena kemungkinan hal itu terjadi karena kertas tidak masuk atau letak kertas yang tidak pas.

2. Paper Jam ( Error E03)

Penyebab dari munculnya error ini hampir sama seperti error E02 yakni masalah kertas. Biasanya error E03 terjadi karena adanya kertas yang tersangkut. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa keluarkan semua kertas yang ada termasuk kertas yang tersangkut, periksa apakah adanya benda asing masuk ke roller kertas yang mengakibatkan kertas macet.

3. Ink Cartridge Cannot be Recognized ( Error E04 atau E05 )

Error ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada cartridge seperti board pengenal cartridge basah, kotor, rusak dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa coba mencabut cartridge kemudian bersihkan elemen tembaga dibagian belakangnya dengan tisu kering. Setelah dibersihkan kemudian pasang dan bisa dicoba kembali.

4. Ink Cartridge is not Installed in the Correct Position ( Error E07 )

Penyebab munculnya error ini karena adanya masalah pada cartridge yang posisinya tidak pas pada saat pemasangan. untuk mengatasinya dapat kamu coba dengan cara mencabut cartridge lalu memasangnya kembali dan usahakan posisi pemasangannya sudah benar. Apabila masih tetap muncul error ini meskipun cartridge sudah terpasang dengan benar maka kamu bisa coba me-reset printer.

5. Ink Absorber is Almost Full ( Error E08 )

Pada printer dengan tinta yang berbentuk cair terdapat busa yang berfungsi untuk menyerap tinta yang menetes dari cartridge saat proses printing ataupun tumpah secara tidak sengaja.

6. Ink has Run Out ( Error E13 atau Error E16 )

Munculnya error ini biasanya disebabkan oleh tinta habis atau hampir habis, tapi jika tinta dirasa masih banyak dan tetap muncul error ini maka untuk mengatasinya kamu bisa mencoba menekan tombol STOP/RESUME pada printer sampai sampai display kecil pada printer menunjukkan angka 1.

Nah itulah beberapa masalah error pada printer cannon yang sering terjadi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.



Labels: Tips

Thanks for reading Jenis Error pada Printer Cannon yang Sering Kamu Alami dan Cara Mengatasinya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis Error pada Printer Cannon yang Sering Kamu Alami dan Cara Mengatasinya"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih