8 Kesalahan Youtuber Pemula, Sering Diabaikan Padahal Sangat Penting

Youtube merupakan situs web berbagi video yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Hingga saat ini tercatat lebih dari 1,8 miliar pengguna yotube setiap bulannya. Hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi creator youtube. Sekarang ini sudah banyak bermunculan creator-creator baru yang berlomba-lomba untuk membuat channel youtube karena tergiur oleh penghasilan yang didapatkan dari iklan. 

Untuk mendapatkan penghasilan dari youtube sebenarnya tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Perlu usaha dan kerja keras untuk menghasilkan atau menciptakan sebuah konten yang berkualitas, karena dengan konten yang berkualitas akan membuat penonton tidak bosan dan dengan senag hati untuk menantikan dan berlangganan video-video terbaru dari kita. 

Selain itu untuk mendapatkan penghasilan dari youtube juga harus mendapatkan persetujuan dari pihak youtube, dimana untuk mengajukan permohonan monetisasi video youtube kita harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan 4000 jam tayang dan 1000 pelanggan dimana untuk memperoleh itu semua bukanlah hal mudah didapatkan.  Meskipun channel kita sudah memenuhi persyaratan tersebut tetapi masih ada proses peninjauan yang membuat kita harus sabar menunggu. 

Menjadi youtuber pemula membuat terkadang kita lalai dan sering melakukan kesalahan yang akan berdampak buruk pada channel youtube kita. Banyak sekali hal yang tidak dipahami dan diperhatikan oleh youtuber baru dalam membuat sebuah channel. Agar hal tersebut dapat dihindari sebaiknya kamu coba ikuti tips menjadi youtuber pemula berikut ini :

Kesalahan youtuber pemula

1. Tidak Memahami Aturan Youtube

Hal ini sangat penting untuk youtube memperlakukan video yang kita upload. Hal ini penting agar video kita direngking, video kita aman dari pelanggaran dan lain sebagaimnya. Ada sebagian creator yang membuat channel youtube dan upload video sesuka hati tanpa memahami peraturan dari youtube, sehingga terkena masalah pelanggaran hak cipta, kekerasan, pornografi dan lain sebagainya.

2. Pahami Persaingan di Youtube

Jika kamu tidak memahami atau mengerti persaingan kata kunci dan kata pencarian di youtube maka kamu akan kesulitan untuk mengembangkan channel youtube. Usahakan mencari kata kunci yang tidak banyak saingan tetapi masih banyak dicari oleh penonton.

3. Wajah Tidak Tampil Pada Video

Youtube sebenarnya bisa dikatakan sama seperti tv dimana dengan menampilkan wajah atau diri kamu pada video yang kamu upload maka akan membuat penonton yakin dan percaya dengan apa yang kamu sampaikan. Oleh karena itu sebaiknya usahakan diri kamu tampil dalam video yang kamu upload meskipun hanya dalam ukuran yang kecil pada layar. Dengan begitu video kamu akan lebih menarik dan banyak disukai oleh penonton karena apa yang kamu sampaikan dianggap dapat dipercaya.

4. Tidak Memakai Suara Sendiri/Asli

Agar video kamu lebih menarik lagi maka sebaiknya video kamu diisi dengan suara kamu sendiri. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh youtuber dan terbukti banyak penontonya. Usahakan juga video kamu diisi dengan narator yang mempunyai ciri khas.

5. Editing yang Asal Jadi

Untuk mendapatkan hasil video yang berkualitas dan menarik diperlukan proses editing yang baik dan tidak boleh asal-asalan. Dengan proses editing yang maksimal maka video kamu akan lebih menarik dan tidak membosankan untuk ditonton.

6. Thumbnail Seadanya

Fungsi thumbnail sebenarnya adalah untuk membuat orang tertarik untuk mengklik dan menonton video yang kita buat. Sebaiknya buatlah thumbnail sendiri semenarik mungkin karena percuma buat video yang bagus dan mendapatkan rangking di youtube tapi menggunakan thumbnail seadanya maka akan membuat orang ragu dan bahkan tidak tertarik untuk mengklik dan menonton video kamu.

7. Tidak Konsisten Upload Video

Disaat kamu sudah mantap dan yakin menjadi youtuber maka sebaiknya harus konsisten dalam mengupload video. Paling tidak Seminggu dua kali atau seminggu sekali kamu harus upload video. Kalau sampai dalam satu bulan cuma upload satu video maka kemungkinan video kamu akan kehilangan kesempatan tampil diberanda orang, selain itu algoritma youtube tidak akan merengking dan memperhitungkan channel kamu dengan baik.

8. Tema Tidak Fokus

Dengan video yang terfokus pada satu tema maka video kamu akan cepat direngking dan disarankan oleh youtube untuk topik yang serupa. Oleh karena itu sebelum membuat channel youtube sebaiknya kamu persiapkan terlebih dahulu tema dari video channel youtube kamu.

Nah itulah beberapa tips agar kamu terhindar dari kesalahan untuk menjadi youtuber pemula. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Tips

Thanks for reading 8 Kesalahan Youtuber Pemula, Sering Diabaikan Padahal Sangat Penting. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "8 Kesalahan Youtuber Pemula, Sering Diabaikan Padahal Sangat Penting"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih