-->

Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin

Kenari merupakan salah satu burung yang paling diminati di Indonesia. selain karena bentuknya yang yang mungil, warnanya yang indah dan juga pastinya suaranya yang ngerol. tidak sedikit orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki kenari idamannya. melihat peluang tersebut sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan burung mungil tersebut. namun tidak sedikit pula yang pusing bahkan sampai putus asa dalam beternak burung kenari. 


Dalam beternak burung kenari memerlukan kesabaran karena beternak burung kenari tidak sama dengan beternak burung dara atau merpati yang bisa langsung berhasil asalkan sudah punya sepasang. Dalam beternak burung kenari perlu dilakukan penjodohan, karena apabila tidak jodoh langsung digabung dalam satu sangkar akan berakibat burung kenari tersebut saling hajar satu sama lain.

Bagi anda yang ingin beternak kenari dan masih belum berhasil, saya akan coba memeberikan cara dalam menjodohkan burung kenari agar cepat kawin.
  1. Pastikan anda mempunyai sepasang kenari yang sudah memasuki usia matang untuk kawin. kenari jantan dan betina harus sama-sama dalam usia siap kawin karena kalau cuma satu saja yang siap kawin maka apabila digabungkan akan berakibat burung kenari tersebut bertengkar.
  2. Sebaiknya tidak menggabungkan sepasang burung kenari anda satu sangkar dalam waktu yang lama.
  3. Dalam melakukan penjodohan sebaiknya anda tidak langsung menggabung burung kenari dalam satu sangkar hanya letakkan sangkar saling berdekatan saja.
  4. Selama sangkar didekatkan yang perlu anda lakukan adalah mengamati burung kenari apakah sudah menunjukkan tanda-tanda mau kawin. untuk kenari jantan yang mau kawin biasanya akan rajin bunyi dan gacor ngerol sedangkan untuk kenari betina akan kelihatan merespon dengan merunduk-runduk. ciri lain yakni kenari betina mulai membangun sarang. anda bisa coba letakkan bahan untuk kenari betina membangun sarang. selain itu tanda-tanda yang bisa dilihat yakni burung kenari akan tidur berdekatan dan saling meloloh.
  5. Apabila tanda-tanda tersebut sudah kelihatan maka anda bisa coba gabungkan kenari dalam satu sangkar. sebaiknya penggabungan dilakukan pada sore hari hal ini bertujuan agar anda bisa mengamati apakah setelah digabung burung kenari tersebut akan bertengkar atau tidak.
  6. Apabila sudah terlihat kawin, maka biarkan dulu kenari jantan dan kenari betina anda dalam satu sangkar sekitar 1 atau 2 jam. karena pada durasi waktu tersebut akan terjadi 2-3 kali kawin.
  7. Setelah itu pisahkan kenari jantan dengan betina agar tidak saling melihat.
  8. Lakukan langkah-langkah diatas sekitar 4 hari secara berurutan. sampai kenari betina bertelur.
  9. Setelah kenari betina bertelur anda bisa pisahkan kenari jantan atau tetap menggabungkannya. tapi saran saya sebaiknya kenari tetap digabung dalam satu sangkar sampai anakan kenari mampu untuk mencari makan sendiri. karena kalau kenari jantan dipisah maka otomatis kenari betina sendirian saja meloloh anakannya. hal ini berakibat tidak ratanya asupan makan kepada anakan sehingga bisa berakibat beberapa anakan menjadi tidak terurus dan bahkan bisa berakibat kematian pada anakan
 Sekian dulu secuil info dari saya, mungkin informasi yang saya berikan masih terdapat kekurangan karena saya juga masih dalam tahap belajar.

Labels: Tips

Thanks for reading Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menjodohkan Kenari Agar Cepat Kawin"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih