-->

Tips Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Burung kenari merupakan jenis burung yang tidak  mudah stres, sehingga kita tidak kerepotan untuk merawatnya. Selain tidak mudah stres, burung ini juga dikenal dengan suaranya yang merdu dan enak untuk didengar. Terlebih lagi jika burung kenari yang kita pelihara sehat dan rajin bunyi setiap hari, pastinya kita akan merasa senang.


Namun ada suatu kondisi yang membuat burung kenari kita yang awalnya gacor tiba-tiba berubah drastis menjadi jarang bunyi dan bahkan macet bunyi yaitu disaat kenari sedang mengalami masa mabung. Mabung atau biasa disebut juga dengan moulting adalah suatu kondisi dimana burung sedang mengalami pergantian bulu. Pada saat tersebutlah burung kenari akan mengurangi aktivitas berkicaunya dan bahkan mulai macet untuk berkicau.

Dalam merawat burung kenari yang sedang mabung perlu perlakuan yang khusus dan dilakukan dengan telaten karena jika kita asal-asalan dalam perawatan burung kenari yang sedang mabung maka bukan tidak mungkin dapat berakibat kenari akan mengalami mabung yang lebih lama dari biasanya dan yang paling bahaya adalah dapat membuat kenari jadi sakit dan mati. Sebelum kita membahas tentang bagaiman cara merawat kenari yang sedang mabung agar cepat selesai alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui ciri atau tanda kenari yang sedang mabung.

Ciri - Ciri Kenari Mabung

Masalah burung kenari mabung sebenarnya bukanlah hal yang perlu terlalu ditakutkan karena mabung merupakan proses yang pasti terjadi pada burung. Biasanya burung kenari yang sedang mabung akan menunjukkan ciri-ciri yang dapat kita kenali, diantanya sebagai berikut :

1. Jarang Berkicau

Burng kenari yang sedang mabung biasanya akan jarang sekali untuk berkicau, hal ini disebabkan karena kondisi fisik kenari yang sedang menurun dan tidak fit. Selain itu kemungkinan burung merasa kesakitan saat proses mabung sehingga malas untuk berkicau.

2. Bulu Rontok

Bulu rontok merupakan salah ciri burung mabung yang sangat mudah kita kenali karena sangat jelas terlihat. Biasanya yang rontok itu pada bagian sayap, ekor, dada, bahu, punggung, tengkuk dan juga bulu halus atau buluan dasar yang nantinya akan digantikan dengan bulu baru yang lebih mulus dan mempunyai warna yang tegas.

3. Terlihat lemah

Saat mabung burung kenari akan terlihat lemah seperti sedang sakit. hal ini mungkin saja terjadi karena burung kenari sedang merasa kesakitan saat proses rontoknya bulu. Oleh karena itu saat burung sedang mabung disarankan untuk memberikan Extra fooding dan juga vitamin agar kesehatan dan stamina burung kenari tetap terjaga.

4. Nafsu Makan Berkurang

Saat Mabung selain jarang berkicau, burung kenari juga mengalami nafsu makan berkurang. Oleh karena itu selain diberikan biji-bijian sebaiknya ditambah lagi dengan sayuran dan vitamin agar burung kenari yang sedang mabung tidak sakit.

5. Tumbuh Bulu Muda

Saat kenari mabung atau rontok biasanya setelah berjalan beberapa minggu nantinya akan terlihat tumbuh bulu-bulu yang mulai menjarum pada bagian kepada pungung, sayap, ekor dan tengkuk. Nantinya bulu-bulu yang menjarum ini akan tumbuh  menjadi bulu yang lebih mulus dan memiliki warna yang tegas.

Proses kenari mabung ini biasanya berjalan sekitar 1 sampai dengan 2 bulan, tergantung bagaimana kita merawatnya. Jika salah dalam proses perawatan maka bukan tidak mungkin proses mabung bisa berjalan lebih lama. Nah setelah kita mengetahui tentang ciri-ciri burung kenari yang sedang mabung, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana perawatan kenari mabung agar cepat selesai.

Perawatan Kenari Mabung 

Dalam merawat kenari mabung kita perlu melakukan perawatan yang tepat agar proses mabung cepat selesai. Nah berikut ini beberapa cara merawat kenari mabung agar cepat selesai:

1. Tempatkan dilokasi yang tenang

Saat kenari mabung perlu ditempatkan pada lokasi yang sepi dan tenang, sebisa mungkin jauhkan dari keramaian lalu lalang manusia dan juga binatang lain yang dapat menganggu kenari.

2. Usahakan suhu tetap stabil

Tempatkan sangkar burung kenari yang sedang mabung pada lokasi yang memiliki suhu stabil agar burung dapat fokus serta tenang selama fase mabung.

3. Porsi makanan

Selama kenari sedang mabung sebaiknya porsi makanan harus diperhatikan dan ditingkatkan karena burung kenari yang sedang mabung membutuhkan asupan energi dan nutrisi agar kondisi burung tetap sehat dan prima.

4. Pemberian nutrisi dan vitamin

Pemenuhan kebutuhan nutrisi dan vitamin pada burung kenari yang sedang mabung yang penting karena hal ini berguna untuk memperlancar pembentukan bulu.

5. Lakukan penjemuran

Setelah mulai terlihat bulu jarum pada burung yang sedang rontok saat itulah dilakukan penjemuran setiap hari sekitar sekitar 20 sampai 30 menit. Hal ini sangat baik membantu proses pertumbuhan bulu.

6. Berikan Extra Fooding

Saat kenari mabung sebaiknya berikan extra fooding (EF) seperti sayuran atau buah-buahan, dan juga makanan yang mengandung protein tinggi contohnya seperti sawi hijau, apel, telur puyuh, koroto dan lain-lain.

Nah itulah beberapa tips perawatan kenari yang sedang mabung agar cepat selesai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjunganya






Labels: Tips

Thanks for reading Tips Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih