-->

Cara Ternak Cacing Tanah Paling Efektif Bagi Pemula

Cacing tanah biasanya dianggap sebagai hewan yang menjijikkan bagi sebagian orang, jangankan untuk memegang bahkan melihat atau mendengar namanya saja sudah terbayang betapa jijiknya. Hewan yang pada umumnya hidup di dalam tanah pemakan bahan organik hidup dan mati ini biasanya digunakan sebagai umpan untuk memancing dan juga pakan burung. Bahkan cacing juga digunakan sebagai bahan baku untuk obat dan kosmetik.
 
Melihat manfaat dan masih kurangnya peternak cacing tanah seharusnya membuat kita sadar bahwa sebenarnya budidaya cacing tanah dapat dijadikan sebagai usaha yang cukup menjanjikan. Sekarang ini harga cacing tanah mencapai kisaran 50.000 - 100.000 per kilogramnya. Usaha budidaya atau ternak cacing tanah ini tergolong salah satu jenis budidaya yang paling mudah dan murah namun dapat menghasilkan omzet yang memuaskan.

Sebelum memulai usaha ternak cacing, terlebih dahulu kamu harus mengetahui Jenis cacing yang memiliki potensi menguntungkan untuk diternak. Ada 3 jenis cacing yang bisa kamu coba untuk ternak karena memiliki potensi yang menguntung dan bahkan bisa sampai ekspor yakni cacing tiger, cacing afrika dan cacing lumbricus sp. Dari ketiga jenis cacing tersebut yang paling banyak dipilih oleh peternak cacing d Indonesia adalah jenis cacing tanah lumbricus rubellus sp.

Ternak cacing tanah merupakan salah satu usaha yang mudah dijalankan karena tidak perlu lahan yang luas dan modal yang dikeluarkan juga sedikit. Selain itu dalam beternak cacing tanah tidak diperlukan pemeliharaan yang khusus. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan cara ternak cacing tanah berikut ini :

Tahapan Dalam Beternak Cacing Tanah

1. Persiapan Lokasi atau Lahan

Dalam berternak cacing tanah tidak diperlukan lahan yang luas. Untuk membuat kandang pembiakan cacing tanah cukup dibuatkan kota-kotak dari kayu yang berukuran sekitar panjang 90 cm, tinggi 30 cm dan lebar 50 cm. Lokasi untuk ternak cacing tanah sebaiknya pilih yang terlindung dari cahaya matahari secara langsung karena cacing sensitif dengan suhu yang relatif panas.

2. Media

Media untuk ternak cacing tanah sebaiknya dikondisikan seperti lingkungan asli tempat hidupnya. Untuk itu media harus dibuat dari campuran pupuk kandang, kompos dan air. Setelah media siap, kemudian media tersebut dimasukkan kedalam kotak dari kayu yang sudah dibuat tadi.

3. Bibit Cacing

Untuk mendapatkan bibit cacing tanah kamu bisa mencarinya sendiri di sekitar sawah atau tempat-tempat yang sekiranya terdapat cacing tanah. Akan tetap jika bibit yang diperlukan cukup banyak maka sebaiknya kamu membeli bibit di tempat orang yang beternak cacing tanah.

4. Pemberian Pakan

Setelah lahan, media dan bibit cacing tanah sudah siap maka yang perlu disediakan sekarang adalah makanan untuk cacing tanah. Sebenarnya tidak ada bahan khusus untuk pakan cacing tanah karena cacing tanah bisa diberikan makanan apa saja termasuk makanan sisa. Hal ini karena cacing tanah termasuk hewan omnivora. Agar makanan lebih mudah untuk di konsumsi cacing tanah maka sebaiknya makanan tersebut dihaluskan terlebih sampai berupa serbuk.

5. Pencegahan dari Hama

Agar cacing tanah aman dari hewan pemangsa seperti semut, tikus, burung dan lain sebagainya, maka tempat untuk ternak cacing tanah tidak boleh dibiarkan terbuka. Untuk mengatasi serangan hama seperti semut dan tikus kamu bisa mengoleskan kotak dengan minyak.

6. Penggantian Media

Penggantian media untuk ternak cacing tanah sebaiknya dilakukan setiap 1 atau 2 bulan sekali. Hal ini karena media yang terbentuk dari campuran kompos, pupuk kandang dan air akan mengeras setelah beberapa waktu ditempati cacing tanah.

7. Tahap Panen

Cacing tanah biasanya bisa dipanen setelah berumur sekitar 2 bulan atau bisa juga dilihat jika sekiranya cacing tanah sudah cukup besar maka tahap pemanenan bisa dilakukan. Untuk dapat memanen secara teratur maka kamu bisa menyesuaikannya dengan menambah jumlah kotak untuk tempat ternak cacing tanah.

Beternak cacing tanah memang cukup mudah tetapi tetap diperlukan ketekunan dan tekad yang bulat untuk menjalankan usaha ini. Jika kemauan ternak cacing tanah hanya setengah-setengah maka usaha ini tidak akan dapat menghasilkan.

Itulah sedikit informasi mengenai cara ternak cacing tanah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Selamat mencoba dan terimakasih banyak atas kunjungannya.




Labels: Tips

Thanks for reading Cara Ternak Cacing Tanah Paling Efektif Bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Ternak Cacing Tanah Paling Efektif Bagi Pemula"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih