-->

Cara Mengatasi Error E02 Pada Printer Canon IP2770 dan MP287

Printer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencetak data yang ada dikomputer baik berupa teks maupun gambar atau grafik diatas kertas. Perkembangan teknologi printer saat ini sudah berkembang pesat, sehingga yang dulunya hanya berfungsi untuk mencetak namun sekarang ini sudah memiliki multifungsi seperti fotocopy, scanner bahkan ada juga yang dapat membuat cetakan dalam bentuk 3D yang terlihat lebih nyata dan berbentuk.


Bagi kamu yang memiliki printer terutama jenis printer canon IP2770 dan MP287 pastinya pernah mengalami yang namanya error E02. Biasanya error E02 ini disebabkan oleh karena ada benda yang masuk kedalam bagian penarik kertas yang tersangkut di rollernya. Untuk mengatasinya kamu bisa coba cek apakah ada benda yang tersangkut. Selain itu ada beberapa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan error E02, diantaranya  :

Penyebab error E02 dan cara mengatasinya

1. Paper Loader Bermasalah

Masalah paper loader ini bisa disebabkan oleh karet roller yang aus atau ASF atau Mekanik patah. Jika karet roller yang aus biasaya menyebabkan ketika menarik kertas terlihat seperti slip, untuk mengatasinya kamu bisa coba masukkan kertas yang banyak pada paper tray kemudian coba print lagi. Sedangkan jika ASF atau Mekanik yang patah ini biasanya printer mengeluarkan suara yang terdengar agak kasar, untuk mengatasinya kamu terpaksa harus mengganti ASF atau Mekanik tersebut.

2. Tuas Sensor Patah

Biasanya tuas sensor yang patah disebabkan oleh adanya kesalahan saat menarik kertas yang tersangkut pada printer. Jika kertas berhenti di tengah maka jangan coba-coba untuk menariknya dari atas karena bisa menyebabkan tuas sensor ikut tertarik ke belakang sehingga patah. Jika kertas berhenti ditengah saat mencetak sebaiknya tarik kertas dari depan atau bisa juga cabut kabel power kemudian pasang dan hidupkan lagi printer maka kertas akan keluar dengan sendirinya.

3. Sensor Kertas Rusak

Kerusakan sensor kertas merupakan masalah yang paling sering terjadi pada printer canon. Sensor kertas ini berada didekat roll penarik kertas yang ada ditengah printer. Solusinya adalah dengan mengganti sensor kertas dengan yang baru atau bisa juga dengan mengganti otocoupler atau inframerahnya yang ada pada sensor kertas.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi erros E02. Selain beberapa hal diatas mungkin masih ada penyebab lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Gadget, Info Menarik, Tips

Thanks for reading Cara Mengatasi Error E02 Pada Printer Canon IP2770 dan MP287. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Error E02 Pada Printer Canon IP2770 dan MP287"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih