-->

6 Katak Yang Terlihat Indah Namun Sangat Berbahaya dan Paling Beracun di Dunia

Hewan amfibi merupakan hewan bertulang belakang yang hidup di dua alam yakni di darat dan di air. Pada umumnya hewan yang hidup di dua alam merupakan hewan berdarah dingin sehingga suhu tubuhnya selalu mengikuti lingkungan tempat hewan itu berada. Sebagian besar hewan amfibi memiliki bentuk tubuh yang berubah disetiap fase hidupnya, mulai dari telur hingga dewasa.


Di dunia terdapat beberapa jenis hewan amfibi, namun secara garis besar hewan amfibi dibagi menjadi 3 kelompok besar antara lain anura (hewan yang saat muda meiliki ekor dan dewasa ekornya hilang secara perlahan sampai akhirnya habis), apoda (hewan yang tidak memiliki ekon maupun kaki), Arodela (hewan yang hidup didarat tapi bisa bernafas didalam air, contohnya salamander).

Dari sekian banyak jenis hewan amfibi yang ada tentunya memiliki beragam bentuk dan warna. Dari yang bentuk dan warna yang biasa sampai bentuk dan warna tubuh yang unik dan terlihat indah. Salah satunya adalah katak. Tahukah kamu kalau bentuk dan warna tubuh katak yang indah ternyata tersimpan bahaya yang mengancam. Berikut ini beberapa katak yang memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah namun berbahaya:

Katak Paling Beracun di Dunia

1. Katak Emas Panah Beracun



Katak yang memiliki wana kuning emas ini hidup di hutan hujan Amazon, Brazil. Katak ini akan menyebarkan racunnya kepada pemangsa yang nekat memakannya. Biasanya Racun dari katak ini digunakan oleh masyarakat untuk berburu. Meskipun beracun ternyata kadak ini bisa dikonsumsi asalkan racunnya dihilangkan terlebih dahulu.



2. Katak Anak Panah Gelap



Katak yang memiliki warna cerah ini merupkan katak endemik asal Amerika Tengan dan Amerika Selatan. Tubuh katak ini sangat kecil hanya sekitar seukuran kuku orang dewasa. Disebut katak anak panah karena racun dari katak ini biasa dioleskan pada ujung anak panah.


3. Katak Biru Panah Beracun



Katak biru panah beracun memiliki ukuran sekira 3 - 4,5 cm dengan masa hidup sekitar 4 - 6 tahun. katak ini terdapat dibagian selatan Suriname dan Brazil. Alkaloid yang dihasilkan oleh katak ini dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian bagi pemangsanya.


4. Katak Panah Beracun Lebah Kuning



Katak panah beracun lebah kuning biasanya ditemukan disekitar hutan hujan tropis pada beberapa daerah Amerika selatan seperti Venezuela, Guyana, Brazil dan wilayah timur Kolombia. Katak ini sangat sensitif dengan suhu tinggi sehingga mereka biasa ditemukan pada tempat yang berkondisi lembab dan dihutan hujan tropis.


5. Kodok Perut Api Oriental



Kodok ini disebut perut api karena memiliki warna merah menyala seperti api pada bagian bawah tubuhnya. Kodok perut api oriental memiliki panjang tubuh sekitar 4-7,6 cm dan biasa ditemukan di daerah Korea, Beijing, Timur Laut Cina dan dekat Rusia.


6. Phantasmal Poison Dart Frog



Katak dengan nama ilmiah E. Tricolor ini banyak ditemukan di pegunungan Andes. Tubuh katak ini bisa tumbuh sekitar 1-4 cm. Racung yang dihasilkan oleh phantasmal poison dart frog ini cukup mematikan. Meskipun mematikan konon racun dari katak ini bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Nah itulah beberapa jenis katak yang meiliki warna indah namun sangat berbahaya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunnjungannya.



Labels: Info Menarik

Thanks for reading 6 Katak Yang Terlihat Indah Namun Sangat Berbahaya dan Paling Beracun di Dunia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "6 Katak Yang Terlihat Indah Namun Sangat Berbahaya dan Paling Beracun di Dunia"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih