-->

11 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Paling Mudah

Printer merupakan alat yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar. Seiring dengan perkembangan zaman printer sekarang ini memiliki fungsi yang beragam, diantaranya dapat mengcopy, scan, dan tentunya mencetak dokumen atau gambar.

Dengan adanya printer dapat mempermudah dalam melakukan pencetakan dan memperbanyak dokumen atau gambar sesuai dengan yang diperlukan. Namun meskipun demikian terkadang terdapat beberapa kendala atau masalah saat sedang memprint atau mencetak dokumen, salah salah masalahnya seperti hasil print yang bergaris.

Hasil print yang bergaris tentunya dapat merusak kualitas dokumen atau gambar yang dicetak. Sebelum membeli catridge baru, mungkin kamu bisa mencoba salah satu cara untuk mengatasi hasil print yang bergaris berikut ini :

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

1. Bersihkan Catridge

Cara pertama dan yang paling mudah yang bisa kamu coba adalah dengan membersihkan catridge. Bersihkan catridge secara berkala untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada catridge. Meskipun terdengar sangat sepele namun debu juga bisa mempengaruhi hasil print.

2. Bersihkan Tinta Dalam Catridge

Bersihkan tinta yang ada dalam catridge karena siapa tau ada yang menggumpal. Jika tinta sudah menggumpal maka segera lakukan pembersihan pada catridge, caranya bisa sedot tinta kemudian isi ulang lagi dengan tinta yang baru.

3. Cek Tinta 

Cek apakah tinta masih ada atau sudah habis, bagi printer yang menggunakan infus bisa coba cek tinta apakah mengalir dengan lancar ke catridge atau tersendat sehingga menyebabkan hasil cetak yang putus-putus atau bergaris. Sebaiknya cek secara berkala untuk memastikan aliran tinta ke catridge lancar.

4. Bersihkan Encouder

Encouder berfungsi sebagai sensor pada printer, oleh karena itu peranan encouder sangat penting terhadap hasil print. Periksalah encouder pada printer, siapa tau berdebu atau ada kotoran yang menempel sehingga menyebabkan hasil print bergaris. Lakukan pembersihan pada encouder secara berkala agar dapat memberikan hasil cetakan yang bagus.

5. Lakukan Maintenance

Untuk mengatasi hasil print yang bergaris, kamu bisa melakukan maintenace. Cara untuk melakukan maintenance yakni :

  • Buka dokumen yang akan di cetak
  • Lalu tekan CTRL + P pada keyboard 
  • Kemudian pilih Printer Properties
  • Pada menu maintenance lalu pilih cleaning atau deep cleaning
  • Lalu pilih print head cleaning
  • Pilih all colors atau bisa juga pilih tinta mana yang bergaris
  • Kemudian klik execute
  • Lalu klik OK 
  • Klik print check pattern
 
Dengan melakukan perbaikan yang ada pada menu maintenace, diharapkan tinta dapat mengalir lancar pada catridge dan membuat hasil print yang bergaris jadi normal kembali.

6. Meningkatkan Kualitas Print

Pada menu print quality terdapat pilihan fast, standard, dan hight. Jika kamu masih mnggunakan catridge baru maka cukup pilih print quality yang fast, namun jika hasil cetakan sudah mulai bergaris maka kamu bisa coba meningkatkan kualitas cetakan dari yang awalnya fast menjadi standard atau yang awalnya standard tingkatkan lagi print quality nya menjadi hight. 

7. Menggunakan Catridge Warna

 Jika catridge hitam kamu rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi sedangkan keadaan memaksa harus di cetak saat itu juga maka kamu bisa coba print menggunakan perpaduan warna yang hasilnya serupa dengan warna hitam. Caranya yakni:

  • Masuk ke menu printer properties
  • Pilih maintenance
  • Pilih ink catridge setting
  • Kemudian ubah select the ink catridge for printing menjadi color only


Dengan begitu hasil print yang bergaris akan berkurang sehingga kamu masih dapat menggunakan hasil dokumen atau foto yang di cetak tadi.

8. Rendam Catridge Dengan Air Hangat

Cara ini bisa kamu lakukan jika dirasa tinta yang ada pada catridge beku sehingga tidak bisa keluar dengan sempurna. Dengan direndam air hangat diharapakan tinta akan mencair sehingga dapat keluar dengan lancar.

9. Bersihkan Head

Head yang kotor atau berdebu bisa menghambat aliran tinta dari catridge ke kertas sehingga menyebabkan hasil print yang bergaris atau putus-putus. Oleh karena itu bersihkanlah head secara berkala agar tinda dapat keluar dengan lancar dari mulut catridge.

10. Ganti Catridge

Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun hasil print masih saja bergaris atau putus-putus, mungkin itu disebabkan oleh catridge yang sudah rusak. Sebaiknya ganti catridge yang rusak tersebut dengan baru sebelum nanti catridge yang satunya ikut rusak juga.

11. Bawa Printer ke Service Center

Jika catridge yang rusak sudah diganti dengan yang baru namun masih saja hasil print bergaris maka sudah dapat dipastikan yang bermasalah bukanlah catridge nya melainkan printer nya. Segeralah bawa ke service center untuk melakukan perbaikan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hasil print yang bergaris. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasuh atas kunjungannya.
0 Komentar untuk "11 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Paling Mudah"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih