-->

8+ Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Yang Mulai Lemot

Ponsel sekarang ini merupakan alat komunikasi yang sudah umum digunakan oleh banyak orang. Kebutuhan akan ponsel sekarang ini sudah menjadi sangat penting, hal ini karena selain dapat memperlancar komunikasi juga dapat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan ataupun bisnis.
Namun ada beberapa masalah yang biasanya dialami oleh pengguna ponsel, salah satunya adalah kinerja ponsel yang semakin lambat. Tentunya hal ini akan membuat kamu merasa kesal.

Jika kamu mengalami kinerja ponsel yang semakin lambat, sebaiknya jangan dulu terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa mencoba salah satu tips berikut ini untuk mengatasi kinerja ponsel yang mulai lambat.

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel

1. Gunakan APlikasi Ringan

Sebaiknya gunakan aplikasi yang lebih ringan agar kinerja ponsel kamu tidal lambat. Contohnya seperti facebook atau youtube, kamu bisa menggunakan facebook atau youtube yang versi lite. Versi ini memiliki fitur yang sama dengan aplikasi reguler.

2. Hapus APlikasi Jarang Digunakan

Biasanya saat membeli ponsel baru ada banyak aplikasi yang terpasang, baik itu aplikasi bawaan ataupun aplikasi tambahan. Sayangnya tidak semua aplikasi yang terinstal di ponsel kamu semuanya terpakai. Pastinya ada beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan. Nah, sebaiknya kamu hapus aplikasi yang jarang digunakan tersebut agar kinerja ponsel tidak lambat.

3. Gunakan Launcher yang Ringan

Saat menggunakan launcher memang akan membuat tampilan ponsel kamu semakin keren. Namun terkadang ada launcher yang malah akan membuat kinerja ponsel semakin lambat meskipun tampilan ponsel jadi keren, oleh karena itu sebaiknya kamu gunakan launcher yang ringan.

4. Gunakan Memori Internal untuk Aplikasi

Kamu mungkin selama ini beranggapan bahwa menggunakan kartu SD untuk aplikasi akan membuat kinerja ponsel cepat karena ruang penyimpanan internal menjadi kosong.. namun faktanya menggunakan memori internal untuk aplikasi justru akan membuat kinerja ponsel jadi cepat, meskipun ruang penyimpanan memori internal kamu menjadi terbatas.


5. Jangan Gunakan Banyak Anti virus

Aplikasi anti virus biasanya akan terus berjalan di background, hal ini berdampak pada RAM yang jadi boros dan kinerja ponsel jadi lambat, oleh karena itu sebaiknya gunakan satu anti virus saja untuk melindungi ponsel kamu dari ancaman virus.

6. Update Software

Selalu mengupdate software yang ada di ponsel kamu akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel, hal ini karena dengan melakukan update software dapat memperbaiki masalah yang ada pada sistem sebelumnya.

7. Kurangi Penggunaan Widget

Meskipun menggunakan widget akan membuat tampilan ponsel kamu jadi keren dan menarik namun tahukah kamu bahwa jika menggunakan widget berlebih itu dapat memperlambat kinerja ponsel.  Hal ini karena menggunakan widget akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar.

8. Kurangi Animasi

Menggunakan animasi pada ponsel tentunya akan membuat ponsel jadi keren. Memang menarik sih kalau melihat ikan berenang atau animasi lain bergerak di layar ponsel, namun hal itu dapat mempengaruhi kinerja ponsel karena animasi yang bergerak tentunya akan menyita penggunaan RAM yang lebih besar, sehingga kinerja ponsel jadi lambat.

9. Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache yang dibiarkan menumpuk akan akan membuat kinerja ponsel semakin lambat, oleh karena itu bersihkanlah cache secara berkala untuk menjaga performa pnsel kamu tetap prima.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kinerja ponsel yang semakin lambat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Gadget, Info Menarik, Tips

Thanks for reading 8+ Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Yang Mulai Lemot. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "8+ Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Yang Mulai Lemot"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih