-->

Cara Mudah Ternak Kenari Bagi Pemula, Dijamin Pasti Bisa!

Kenari merupakan burung yang memiliki tubuh mungil, warna bulu indah serta suara kicau yang merdu. Selain merdu, kicau burung kenari juga cukup bervariatif sehingga tidak bosan untuk didengar. Hal inilah yang membuat banyak orang memelihara burung kenari.

Burung kenari saat ini sudah banyak peminatnya, bahkan untuk kenari sekarang ini sudah ada kelas sendiri dalam lomba. Bagi kamu yang punya bakat bisnis mungkin ini bisa dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Sudah banyak orang yang membudidayakan burung kenari dan sukses dengan usahanya.


Bagi kamu yang berminat untuk membudidayakan burung kenari harus mengetahui tahapan-tahapan apa saja harus dipahami dan dipersiapkan. Tanpa panjang lebar lagi kita langsung saja menuju ke tahapan yang harus dipahami dan dipersiapkan dalam beternak burung kenari.

Tahapan Dalam Beternak Burung Kenari

1. Pemilihan Indukan Kenari

Untuk dapat menghasilan anakan burung kenari yang berkualitas tentu sebaiknya kita memilih indukan yang berkualitas juga. Indukan yang berkualitas disini maksudnya bukan indukan dari trah jawara karena pasti cukup sulit dicari dan mahal harganya. Berkualitas disini adalah indukan yang memiliki tubuh sehat, rajin berkicau, tidak ada penyakit, postur cukup besar dan lain-lain.

2. Kenali Jenis Kelamin Burung Kenari

Untuk dapat memastikan burung kenari yang kamu ternak itu sepasang indukan jantan dan betina, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kenari jantan dan betina. Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat perbedaannya berikut ini:

Perbedaan Burung  Kenari Jantan dengan Betina

Kenari Jantan

a.    Memiliki suara kicau yang nyaring dan durasinya panjang
b.    Terdapat tonjolan yang tegak lurus dan vertical pada bagian dubur
c.    Bentuk badan lebih ramping memanjang
d.    Bentuk leher lebih panjang
e.    Irama kicau lebih bervariatif dan tiak monoton

Kenari Betina

a.    Miliki suara kicau yang pelan dan pendek
b.    Tidak terdapat tonjolan ( rata )pada bagian dubur
c.    Bentuk badan betina cenderung lebih bulat
d.    Bentuk leher lebih pendek
e.    Memiliki suara kicau yang monoton

3. Ketahui Tanda Burung Kenari Siap Kawin

Sebaiknya kamu mengetahui tanda-tanda burung kenari yang sudah siap kawin, karena dengan mengetahuinya maka kita dapat dengan mudah menjodohkan kenari jantan dengan betina. biasanya burung kenari yang sudah siap kawin akan menunjukkan tanda-tanda yang dapat kita lihat diantaranya.

Tanda Burung Kenari Siap Kawin

Tanda Kenari Jantan Siap Kawin


a.    Kenari jantan siap kawin biasanya lebih sering berkicau
b.    Perilaku lebih hiperaktif sering melompat-lompat
c.    Sering terlihat mengepa-ngepakkan sayap
d.    Terkadang juga sering menabrak jeruji kandang

Tanda Kenari Betina Siap Kawin

a.    Suka mematuk-matuk benda-benda apa saja yang ada di kandang
b.    Burung kenari betina sudah terlihat menyusun sarang
c.    Sering terlihat mengepak-ngepakkan sayap
d.    Sering berkicau meskipun suaranya tidak senyaring kenari jantan
e.    Terlihat gelisah jika melihat kenari jantan

4. Persiapan Kandang Untuk Kenari

Kandang yang akan digunakan untuk kenari yang mau dikawinkan sebaiknya lebih luas dari sangkar biasa, hal ini dimaksudkan agar kenari bisa bebas terbang dalam kandang. Sebaiknya gunakan sangkar yang aa penyekatnya sehingga dapat memudahkan dalam proses penjodohan. Jangan lupa untuk selalu menyediakan pakan dan juga minuman dalam kandang.

5. Proses Penjodohan Burung Kenari

Dalam proses penjodohan burung kenari sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu antara kenari jantan dengan kenari betina. Setelah dilihat ada tanda-tanda kenari sudah berjodoh dan mau kawin barulah kenari jantan dan kenari betina disatukan.
Supaya kenari cepat berjodoh dan kawin, kamu bisa coba cara berikut ini :
  • Sebelum kenari jantan dan kenari betina digabung dalam satu sangkar sebaiknya Kedua sangar diletakkan berdekatan terlebih dahulu. Lakukan hal ini sekitar 3 – 5 hari.
  • Lakukan penjemuran pada kenari jantan dan kenari betina dengan posisi kandang yang terpisah namun saling berdekatan. Proses penjemuran ini dapat kamu lakukan pada ppukul 07.00 – 10.00 pagi.
  • Berikan tambahan makanan bergizi dan multivitamin

6. Proses Perkawinan Burung Kenari

Jika kenari jantan dan kenari betina sudah terlihat berjodoh dan mau kawin maka kamu bisa menggabungkan keduanya dalam satu sangkar. Setelah kedua burung disatukan dalam satu kandang, kamu bisa perhatikan apakah kedua burung sudah berjodoh atau belum. Hal ini bisa kamu lihat dari tanda seperti kedua kenari sering berciuman atau tidak, tidurnya saling berdekatan atau tidak. Jika tanda-tanda itu kelihatan maka artinya kenari sudah berjodoh dan sebentar lagi mau kawin.

7. Proses Pengeraman Telur

Ketika burung kenari betina sedang mengeram sebaiknya biarkan kenari jantan masih satu sangkar dengan kenari betina. hal ini dimaksudkan agar kenari jantan bisa menyuapi makanan untuk kenari betina yang sedang mengeram.

8. Proses Penetasan Telur

Telur kenari pada umumnya menetas sekitar 14 hari sesudah bertelur. Ketika telur sudah menetas sebaiknya rutin memberikan makanan dan minuman, selain itu juga jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kandang.

Nah itulah tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk beternak burung kenari. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.  Terima kasih atas kunjungannya


Labels: Info Menarik, Tips

Thanks for reading Cara Mudah Ternak Kenari Bagi Pemula, Dijamin Pasti Bisa!. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Ternak Kenari Bagi Pemula, Dijamin Pasti Bisa!"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih