-->

6 Jenis Burung Kicau Paling Merdu dan Populer di Indonesia

Burung kicau merupakan hewan yang masih banyak penggemarnya hingga saat ini. di Indonesia burung kicau selain untuk hiburan dirumah juga sering diikutkan dalam perlombaan. Tingginya minat pasar membuat banyak orang yang tertarik untuk memelihar sekaligus menangkar berbagai jenis burung kicau ini.


Setiap burung kicau memiliki ciri khas suaranya masing-masing. Ada yang ngebas, ngerol, mengalun, kasar, tajam dan lain-lain. Meskipun harga burung kicau lumayan menguras kantong namun itu sebanding dengan kepuasan yang didapatkan. di Indonesia sendiri terdapat beberapa burung kicau yang bersuara merdu dan masih banyak penggemarnya.

 


Bagi kamu yang berniat ingin memelihara burung kicau tetapi masih bingung untuk memilih jenis burung kicau apa yang akan dipelihara mungkin bisa memilihnya diantara beberapa burung kicau bersuara merdu dan populer di Indonesia yang ada di bawah ini.


Burung Kicau Paling Merdu

1. Murai Batu


 Murai batu menjadi salah satu primadona bagi pecinta burung kicau. Hal ini karena merdunya dan banyaknya variasi suara yang dikeluarkan oleh burung ini dan juga harga jualnya yang cukup menjanjikan. Untuk satu ekor burung murai batu yang sudah sering juara dalam lomba biasanya harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Meskipun demikian dalam perawatan burung murai batu perlu ketelatenan agar bisa rajin bunyi.


2. Anis Merah


 

Burung yang dikenal dengan nama ilmiah Zoothera Citrina ini mempunyai ciri khas saat berkicau yakni menundukkan kepala sambil menggoyangkan tubuhnya seperti orang yang sedang mabuk. Pecinta anis merah menamai tingkah laku saat berkicau tersebut dengan sebutan kicauan teler. Selain gayanya yang unik, burung anis merah juga mempunyai suara kicau yang merdu dan bervariasi.


3. Kacer


 

Burung yang memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dan putih ini termasuk salah satu burung kicau yang banyak penggemarnya. Suaranya yang keras, lantang dan merdu membuatnya banyak di sukai dan sering dilombakan. Burung kacer di Indonesia terdiri atas beberapa jenis diantaranya kacer poci, kacer Jawa, kacer Madagaskar, kacer Kalimantan dan kacer blorok. Harga burung kacer yang sudah juara bisa mencapai hingga ratusan juta.

 

4. Cucak Ijo (Cucak Hijau)


Burung yang warna bulunya di dominasi oleh warna hijau ini juga salah satu burung kicau yang paling banyak penggemarnya. Suaranya yang merdu dan bervariasi menjadi salah satu daya tarik untuk memelihara burung ini. Burung ini mudah menirukan suara jenis burung lain. Meskipun demikian burung ini juga mudah lupa pada suara yang sudah dimasterkan kepadanya. Harga burung ni lumayan bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan. 


5. Cucak Rowo


 

Cucak rowo merupakan burung yang lumayan sulit untuk ditangkarkan sehingga harga dari burung ini lumayan mahal. Dalam perawatan hariannya burung ini harus diperlakukan istimewa agar tidak mudah stres. Cucak rowo memiliki suara kicau yang keras dan jernih sehingga enak di dengar. Meskipun masih jarang ada kelas lomba untuk burung ini namun peminatnya masih lumayan banyak.


6. Kenari


Burung kenari merupakan salah satu burung kicau yang lumayan banyak dipelihara di Indonesia. Hal ini karena burung kenari memiliki warna bulu yang indah dan juga suara yang merdu. Selain itu burng ini juga tidak mudah stres dan relatif lebih mudah dalam perawatannya. Untuk burung kenari yang sudah gacor bisa mencapai harga jutaan rupiah. 


Nah itulah beberapa jenis burung kicau paling merdu dan populer di Indonesia. Meskipun mungkin masih ada beberapa jenis burung kicau lagi yang memiliki suara kicau merdu namun jenis burung kicau diataslah yang banyak dipelihara pecinta burung kicau di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.




Labels: Burung Kicau, Dunia Hewan, Info Menarik, Ragam Manfaat, Tips

Thanks for reading 6 Jenis Burung Kicau Paling Merdu dan Populer di Indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "6 Jenis Burung Kicau Paling Merdu dan Populer di Indonesia"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih