-->

5 Gejala Diabetes Ini Wajib Kamu Kenali dan Waspadai

Diabetes melitus merupakan penyakit kronis akibat organ pankreas gagal memproduksi jumlah hormon insulin yang memadai sehingga menyebabkan tingginya kadar gula darah. Kondisi menumpuknya kadar gula didalam tubuh yang tidak terserap dengan baik akan menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Apabila hal ini tidak ditangani dengan segera maka bisa berakibat munculnya komplikasi yang membahayakan bagi penderita.

 


Biasanya diabetes dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kurangnya produksi insulin oleh pankrean, gangguan respon tubuh terhadap insulin dan adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin. Berdasarkan kondisi ini penyakit diabetes terdiri atas beberapa jenis yang umumnya dialami, yaitu:


Jenis-Jenis Diabetes

1. Diabetes Tipe 1

Pada tipe ini semua sel beta dari kelenjar pankreas sudah rusak. Biasanya diabetes tipe 1 ini pertama diketahui saat anak-anak, remaja atau dewasa muda. Pada diabetes tipe 1 ini insulin merupakan pilihan obat satu-satunya.


2. Diabetes Tipe 2

Peneybab dari diabates tipe ini adalah produksi insulin yang kurang atau jaringan lemak, otot dan sel hati tidak dapat menggunakan insulin secara maksimal. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan yang terbayak di derita karena diabetes tipe ini dapat timbul pada semua usia.


3. Diabetes Gestasional

Diabates tipe ini disebabkan oleh perubahan hormon yang dihasilkan selama kehamilan dan biasanya akan berkurang atau hilang setelah melahirkan. Wanita yang mengalamai diabetes tipe ini harus memperhatikan pola makan yang sehat karena penderita diabetes gestasional memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit diabets tipe 2.


Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa tinggi kadar gula darah. Sehingga pada sebagian orang dengan prediabetes atau diabetes tipe 2 mungkin tidak mengalami gejala pada awalnya. Namun pada diabetes tipe 1 gejala cenderung datang dengan cepat dan lebih parah.

Berikut ini beberapa gejala yang biasanya muncul pada penderita diabetes tipe 1 dan 2 yakni:

 

Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 

1. Muncul Bercak pada Kulit

Jika pada kulit dibagian belakang leher, siku atau tulang pada jari muncul bercak gelap dan halus seperti beludru, bisa jadi itu merupakan indikasi awal diabetes dan kadar gula darah tinggi. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui kadar gula darah. 


2. Penglihatan Tampak Lebih Jelas

Jika merasa penglihatan lebih jelas dari sebelumnya maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter karena penelitian menunjukkan bahwa diabetes dapat membawa perubahan pada penglihatan mata menjadi lebih baik atau buruk.

 

3. Selalu Merasa Gatal

Jika merasa gatal yang ekstrim maka segeralah berkonsultasi dengan dokter karena diabetes menyebabkan gangguan dalam sirkulasi darah sehingga menyebabkan rasa gatal dan muncul bercak pada kulit.


4. Mendengkur Lebih dari Biasanya

Sebagian besar penderita diabetes tipe 2 cenderung mengalami gangguan pernafasan saat tidur. Merasa mengantuk disiang hari dan mendengkur lebih keras dari biasanya. Hal ini berhubungan dengan kadar gula darah yang tinggi dan diabetes.


5. Pendengaran Rasa Terganggu

Pasien dengan kadar gula darah tinggi 30% beresiko menderita gangguan pendengaran bahkan jika mereka tidak menderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa diabetes mengganggu pembuluh darah dan syaraf di telinga dalm sehingga anda merasa sulit mendengar.


Nah itulah beberapa gejala diabetes yang wajib kamu kenali dan waspadai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannnya.


 


 





Labels: Info Menarik, Info Sehat, Tips

Thanks for reading 5 Gejala Diabetes Ini Wajib Kamu Kenali dan Waspadai . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Gejala Diabetes Ini Wajib Kamu Kenali dan Waspadai "

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih