-->

6 Umpan Paling Ampuh untuk Mancing Ikan di Sungai

Memancing merupakan hobi yang lumayan banyak digemari orang, karena selain dapat mengisi waktu luang dan juga sebagai wisata alam yang menyenangkan ternyata memancing juga bisa menambah penghasilan. Pada umumnya ikan hasil mancing di sungai yang dijual adalah ikan gabus, ikan lele dan ikan betok.

 


 

Bagi orang yang memancing cuma sekedar sebagai hiburan dan menyalurkan hobi biasanya tidak mempermasalahkan seberapa banyak ikan yang didapat, yang penting dia bisa pergi memancing sudah lumayan senang. 

 

Namun tidak jarang ada orang yang merasa kesal karena setelah seharian pergi memancing dan banyak modal yang dikeluarkan untuk biaya transport dan beli umpan ternyata hasilnya tidak memuaskan. Bahkan kalau ikan yang didapat tadi dijual masih jauh dari cukup untuk menutupi modal yang sudah dikeluarkan. 


Kenapa hasil yang didapat memancing tidak banyak? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa banyak ikan yang akan didapat dari memancing diantaranya :

 

1. Cuaca

Cuaca sangat berpengaruh terhadap seberapa banyak hasil memancing yang di dapat. Kalau mau pergi memancing sebaiknya disaat cuaca cerah dan tidak habis hujan karena jika memancing disaat hujan atau sehabis hujan maka kemungkinan hasil yang didapat akan sedikit karena ikan sudah kenyang makan hewan-hewan kecil yang jatuh dari pohon disaat terkena hujan. 


2. Lokasi Memancing

Sebelum pergi memancing sebaiknya terlebih dahulu mengetahui keadaan sungai yang akan dijadikan lokasi mancing. Apakah sungai itu sedang banjir, terlalu sedikit airnya atau bahkan tidak ada ikannya. Terkadang meskipun disungai itu ada ikannya tapi bukan ikan yang bisa dipancing contohnya seperti ikan biawan maka hasil yang didapat pasti akan mengecewakan.


3. Umpan untuk Memancing

Persiapkan umpan sebaik mungkin sebelum pergi memancing karena jika menggunakan umpan yang salah atau tidak tepat maka ikan yang didapat dari hasil mancing tidak akan banyak. Contohnya disaat hendak pergi memancing ikan lais maka sebaiknya harus membawa umpan jangkrik. karena jika dibandingkan memancing ikan lais pakai umpan jangkrik dengan umpan cacing biasanya orang yang memakai umpang jangkrik akan lebih banyak dapat ikan lais. 


Berbicara mengenai umpan untuk memancing ikan di sungai sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa digunakan. Umpan-umpan ini bisa dikatakan sangat ampuh digunakan untuk memancing ikan di sungai. Nah, apa saja umpan paling ampuh untuk memancing ikan di sungai tersebut? langsung saja simak ya!


Umpan Untuk Memancing di Sungai

1. Cacing

Umpan yang kebanyakan digunakan oleh para pemancing biasanya adalah cacing. bisa cacing liar, cacing bulu, cacing tanah, cacing afrika dan lain-lain. Cacing memiliki bau dan rasa khas yang sangat disukai ikan. Dengan menggunakan umpan cacing maka ikan yang didapat biasanya sangat beragam karena cacing sangat disukai oleh hampir semua jenis ikan.


2. Ulat Bambu atau Bumbung

Ulat bumbung merupakan larva yang ada di rumpun bambu. Umpan ini juga sangat disukai oleh ikan namun bagi orang yang tidak terbiasa menggunakan umpan ini maka akan kesulitan karena jika salah memasang di mata kail akan berakibat isi yang ada didalam tubuh ulat bumbung akan cepat habis dan tidak menarik lagi bagi ikan.


3. Kroto

Kroto merupakan telur dari semut rangrang. Sebelum digunakan untuk memancing biasanya kroto diolah terlebih dahulu dengan dicampurkan getah. Hal ini dilakukan agar memudahkan memasang umpan kroto di mata kail dan juga agar kroto tidak mudah terlepas saat berada didalam air. Ikan yang didapat menggunakan umpan ini bisanya adalah ikan kapar dan betok. 


4. Jangkrik

Umpan ini sangat mudah didapat karena sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan jangkrik. Selain itu harga jangkrik juga cukup murah untuk dibeli. Berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan umpan ini bisa mendapatkan ikan betok, ikan gabus, dan ikan lais. Namun salah satu kesulitan menggunakan umpan ini adalah mudah terlepas jika tidak pas saat memasangnya.

 

5. Katak

Katak yang digunakan untuk umpan harus yang masih hidup karena lebih segar dan menarik bagi ikan. Cara memasang umpan katak cukup mudah yakni dengan mengaitkan mata kail ke kulit ekor. Katak sangat disukai oleh predator air tawar seperti ikan gabus, toman, dan kehung. Cara memancing dengan menggunakan umpan katak juga unik dan berbeda dengan cara memancing umpan biasanya yakni dengan menggerak-gerakkan joran saat umpan katak berada di air. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian predator air tawar untuk menyantap umpan katak tersebut.


6. Lumut

Umpan ini cukup mudah didapat di alam, biasanya ada di persawahan, irigaasi, tambak, rawa dan tempat lain yang bercuca lembab. Lumut sangat ampuh dan sering digunakan untuk memancing ikan sepat dan ikan nila. Lumut yang bagus digunakan untuk umpan adalah yang bertekstur lembut dan berwarna hijau muda cerah.

 

Nah itulah beberapa umpan yang cukup ampuh untuk memancing ikan di sungai. Meskipun masih banyak lagi jenis umpan lainnya namun yang pada umumnya dan paling sering digunakan adalah umpan-umpan tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.



Labels: Dunia Hewan, Info Menarik, Tips

Thanks for reading 6 Umpan Paling Ampuh untuk Mancing Ikan di Sungai. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "6 Umpan Paling Ampuh untuk Mancing Ikan di Sungai"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih