-->

Cara Mudah Usaha Ternak Cacing, Pemula Pasti Bisa

Cacing merupakan hewan tidak bertulang belakang yang memiliki bentuk agak pipih memanjang dan hidup didalam tanah. Hewan ini biasanya memakan bahan-bahan organik yang ada ditanah. Ada banyak manfaat dari cacing diantaranya untuk obat tifus, obat diare, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan pencernaan, menenangkan syaraf, menambah stamina, pakan ternak, obat herbal dan mempercepat penyembuh luka.

 

Bagi sebagian orang mendengar dan membayangkan cacing mungkin akan geli dan menjijikkan, namun dibalik bentuknya yang aneh itu ada satu peluang yang bisa dijadikan usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya manfaat yang dapat diambil dari cacing ini.

 

Sekarang ini sudah mulai banyak orang tertarik untuk menekuni usaha ternak cacing, Selain karena keuntungan yang menggiurkan juga karena menjalankan usaha tersebut cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. 

 

Untuk memulai usaha ternak cacing ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nantinya kentungan yang didapatkan bisa lebih maksimal dan usaha bisa berkelanjutan. 

 

Tahapan Dalam Ternak Cacing

1. Persiapan Lokasi

Lokasi yang dipilih untuk beternak cacing sebaiknya adalah lokasi yang terlindung dari sinar mata hari secara langsung. Hal ini karena cacing bersifat sensitif terhadap cahaya dan panas matahari secara langsung. Jika Lokasi untuk beternak cacing tersebut terkena sinar atau panas matahari tidak menutup kemungkinan cacing yang dipelihara akan mudah mati.

 

2. Persiapan Kandang

Kandang yang dibuat untuk beternak cacing bisa dengan menggunakan sistem rak, Selain kandang terlihat rapi, dengan menggunakan sistem ini juga akan membuat lebih hemat tempat sehingga lokasi yang digunakan untuk ternak cacing tidak perlu luas. Untuk ukuran rak bisa diatur sesuai keinginan, bisa juga dengan panjang 110cm dan lebar 70cm yang bisa menampung cacing sekitar 1,5 kg. 


3. Persiapan Media

Media yang digunakan untuk berternak cacing bisa menggunakan lokjamur. selain untuk media tempat hidup cacing, lokjamur juga bisa berfungsi sebagai pakan cacing. Sebelum cacing dimasukkan ke media lokjamur sebaiknya media tersebut dibasahi terlebih dahulu dengan air sampai sekiranya lembab. Karena jika lokjamur terlalu kering maka kemungkinan cacing tidak akan mau masuk ke media lokjamur.

 

4. Persiapan Bibit

Bibit cacing yang digunakan bisa cacing ANC, cacing Lumbricus, dan Tiger. Kebanyakan yang biasa diternak orang adalah cacing ANC dan Lumbricus. Bibit cacing yang sudah dipilih tadi kemudian ditebarkan pada media. Cacing yang sudah ditebar pada media lokjamur tadi tidak perlu ditimbun karena jika cacing merasa cocok dengan medianya maka cacing akan masuk dengan sendirinya ke dalam media lokjamur.

 

5. Pakan

Biasanya cacing mampu makan sebanyak berat tubuhnya setiap harinya. seandainya cacing yang diternak sebanyak 1 kg maka pakan yang harus disediakan juga sebanyak 1 kg. Untuk pakan cacing bisa menggunakan limbah organik rumah tangga (buah atau Sayur), ampas tahu, ampas kelapa, kotoran sapi, dan lain-lain.  


6. Pencegahan Hama

Yang biasa menjadi hama dalam usaha ternak cacing adalah semut, tikus, kutu tanah, kadal, ayam dan lain-lain. Untuk mengatasi semut bisa menggunakan kapur ajaib dengan cara dioleskan pada kaki-kaki rak, atau bisa juga dengan meletakan oli bekas pada kaki-kaki rak. Sedangkan untuk mengusir tikus bisa menggunakan jasa kucing yang ada dirumah.


7. Perawatan

Sebaiknya media dikontrol setiap hari atau dua hari sekali untuk mencegah media kekeringan yang bisa berakibat kematian pada cacing. Untuk menjaga kelembapan media bisa dengan cara menyemprotkan air ke media. Usahakan dalam menyemprot media agar jangan terlalu basah.


8. Masa Panen

Untuk melakukan pemanenan cacing sebaiknya dilakukan sekitar 4 bulan setelah bibit pertama ditebar. Untuk panen berikutnya bisa diatur sedemikian rupa. Sebaiknya cacing yang dipanen adalah 50 - 70 persen dari jumlah cacing ada.

 

Nah itulah beberapa tahapan dalam usaha ternak cacing. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih banyak atas dukungan kunjungannya.





Labels: Dunia Hewan, Info Menarik, Ragam Manfaat, Tips

Thanks for reading Cara Mudah Usaha Ternak Cacing, Pemula Pasti Bisa. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Usaha Ternak Cacing, Pemula Pasti Bisa"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih