-->

Jenis Masker Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya, Kamu Wajib Tau!

Ditengah badai pandemi virus corona saat ini, memakai masker merupakan salah satu langkah bijak untuk mengurangi resiko terpapar virus yang mematikan tersebut. Dengan memakai masker paling tidak kita sudah berusaha untuk mencegah virus corona masuk dan menyerang tubuh kita.


Selain memakai masker tentunya dimasa pandemi ini kita juga menerapkan protokol kesehatan dengan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi. Dengan mematuhi protokol kesehatan diharapkan kita semua terhindar dari serangan covid-19.


Seiring dengan semakin parahnya pandemi covid-19 dan ditambah lagi dengan bermunculannya varian-varian baru dari virus corona ini membuat banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dari diri sendiri dan salah satunya yakni dengan menggunakan masker.


Meskipun bentuknya serupa namun ternyata beda masker memiliki fungsi yang berbeda juga, berikut ini beberapa jenis masker yang wajib kamu ketahui perbedaan dan fungsinya. Simak ya!


Jenis Masker dan Fungsinya 

1. Masker Bedah

Masker jenis ini merupakan masker yang paling mudah dicari dan yang paling umum digunakan. Untuk bisa mendapatkan masker bedah kamu bisa membelinya di apotek maupun pusat perbelanjaan. Bahkan di warung-warung biasa pun terkadang ada yang menjual masker bedah ini.


Masker ini terbagi menjadi 3 lapis yakni  lapisan luar yang berfungsi sebagai anti air, lapisan tengah berfungsi sebagai filter dan lapisan dalam yang berfungsi sebagai penyerap cairan yang keluar dari mulut atau hidung.


2. Masker Motor (Kain)

Masker jenis ini biasanya kebanyakan digunakan oleh pengendara motor, terutama pengendara motor yang akan melakukan perjalanan jauh. Meskipun demikian masker jenis ini juga tidak jarang digunakan oleh pejalan kaki untuk menghindari polusi dijalan raya. Masker kain memang nyaman untuk digunakan karena bahannya yang elastis namun sayangnya fungsi masker ini hanya untuk menangkal debu dan polusi udara saja sehingga tidak cukup ampuh untuk menangkal gas beracun, zat berbahaya dan juga virus..


3. Masker N95

Sesuai dengan namanya masker N95 dipercaya mampu menyaring 95% partikel udara yang berukuran besar dan kecil. Masker jenis ini biasanya digunakan saat sedang berada di sekitar daerah yang terdapat zat berbahaya atau sedang berada dalam kepulan asap yang dirasa cukup berbahaya saat memadamkan kebakaran hutan. Masker ini cukup efektif untuk menangkal serangan virus kedalam tubuh, namun sayang bahan yang tidak elastis dan kesulitan saat bernafas membuat masker ini tidak nyaman untuk digunakan.


4. Masker P95



Masker ini biasanya digunakan pada kawan pabrik serta industri seperti kilang minyak, farmasi, pom bensin dan pabrik yang memproses makanan dengan cara di goreng. Masker P95 mampu menyaring partikel yang mengandung minyak seperti bensin, solar, minyak tanah, can, minyak goreng dan sejenisnya.


5. Masker Gas

Masker jenis ini biasanya digunakan oleh petugas yang sedang memadamkan api saat terjadi kebakaran. Masker gas berfungsi untuk melindungi pemakainya agar tidak menghirup asap atau gas yang berbahaya. 


Nah itulah beberapa jenis masker berdasarkan bentuk dan fungsinya. Sebelum membeli masker sebaiknya tentukan dulu untuk apa masker itu dibeli. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Labels: Info Menarik, Info Sehat, Ragam Manfaat, Tips

Thanks for reading Jenis Masker Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya, Kamu Wajib Tau!. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis Masker Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya, Kamu Wajib Tau!"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih