-->

Tips Memilih Kenari Ombyokan Agar Dapat Yang Bagus, Kamu Wajib Tau!

Burung kenari pertama kali ditemukan pada kepulauan Canary oleh seorang pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout sekitar abad ke-15. Burung mungil yang memiliki warna bulu yang indah dan suara kicaunya yang ngerol enak didengar ini menjadi salah satu burung favorit yang dipelihara oleh pecinta burung kicau.




Banyak orang yang memelihara burung kenari ini, selain karena kicaunya yang merdu juga karena hampir disetiap perlombaan burung kicau ada kelas untuk lomba kicau burung kenari. Selain itu dalam hal pemeliharaan burung kenari juga cukup mudah dilakukan.


Bagi kamu yang ingin mencoba memelihara burung kenari dan membeli kenari bahan di ombyokan sebaiknya harus cermat dalam memilih agar tidak mendapat kenari yang jelek dan bahkan penyakitan.  


Saat membeli kenari di ombyokan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar nantinya kenari yang kamu beli memiliki prospek yang bagus. Berikut ini beberapa tips memilih kenari yang bagus di ombyokan. Simak ya! 


Tips Memilih Kenari Yang Bagus


1. Pastikan Jenis Kelamin Kenari

Ketika kamu ingin membeli kenari jantan atau betina di ombyokan maka sebaiknya pastikan jenis kelamin burung kenari tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk mengetahui kenari tersebut jantan atau betina bisa dilihat dari beberapa hal seperti ciri fisik, perilaku dan juga suaranya.
 

2. Pastikan Bulu Kenari Rapi dan Tidak kusam

Sebelum membeli kenari sebaiknya pastikan keadaan bulu kenari keliatan halus dan mulus. Jangan pilih burung kenari yang memiliki bulu yang sudah terlihat kusam dan ujungnya pecah-pecah. Selain menentukan kualitas kenari, burung kenari yang memiliki bulu halus dan rapi tentunya juga indah dipandang.


3. Pastikan Mata Kenari Bagus

Perhatikan juga pada bagian mata kenari apakah terlihat segar dan tidak sayu. Dengan memiliki mata yang segar maka kemungkinan besar penglihatan kenari tersebut bagus. Selain itu juga perhatikan apakah pada mata kenari terdapat snot dan bintik putih, jika iya maka sebaiknya kamu pilih kenari yang lain saja.


4. Pastikan Kaki Kenari Sehat

Bagian kaki burung kenari juga wajib kamu perhatikan sebelum membelinya, pastikan pada bagian kaki kenari tidak ada jamur dan penyakit bubul serta jari-jari masih utuh. Kaki kenari yang sakit akan berdampak pada kelincahan burung kenari dalam beraktifitas. Bahkan tidak jarang kenari yang mengalami penyakit pada bagian kaki mengalami kematian.


5. Pilih Kenari yang Lincah

Jika kamu membeli kenari di ombyokan maka harus diperhatikan gerakan burung kenari tersebut apakah masih lincah atau tidak. Apabila kenari terihat loyo dan jarang bergerak maka kemungkinan besar kenari tersebut sedang sakit. 


6. Pilih Kenari yang Makannya Lahap

Burung kenari yang makannya lahap menandakan burung kenari itu sehat dan dalam kondisi bagus. Kenari yang tidak nafsu makan bisa berdampak pada kesehatan burung kenari tersebut. Kenari yang kurang makan akan menjadi kurus bahkan bisa sampai mengalami kematian.


7. Pilih Kenari yang Sehat

Sebelum kamu membeli kenari di ombyokan sebaiknya pastikan kondisi kenari tersebut sedang dalam keadaan sehat. Pada umumnya penyakit yang sering dialami kenari seperti mata bengkak, snot, kaki jamuran, sakit bubul dan masih banyak lagi. Burung kenari yang sehat tentunya akan lebih prospek untuk dipelihara dan yang pasti tidak membuat kamu repot.


Nah itulah beberapa tips memilih kenari yang bagus di ombyokan. Semoga tips yang diberikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih banyak atas kunjungannya. 



Labels: Burung Kicau, Dunia Hewan, Info Menarik, Info Sehat, Ragam Manfaat, Tips

Thanks for reading Tips Memilih Kenari Ombyokan Agar Dapat Yang Bagus, Kamu Wajib Tau!. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Memilih Kenari Ombyokan Agar Dapat Yang Bagus, Kamu Wajib Tau!"

1. Berkomentarlah sesuai topik
2. Komentar yang mengandung unsur negatif akan di hapus
3. Agar lebih cepat mendapatkan balasan follow google plus admin
4. Jangan lupa centang pada "Notify Me" agar lebih mudah mengetahui balasan komentar anda
Atas saran dan kritiknya saya mengucapkan terima kasih